Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaEkonomiNews

PDAM Tirta Mulia Luncurkan Inovasi Pembayaran Tagihan Pelanggan Melalui QRIS dan Aplikasi SITIRTA Mobile

1704
×

PDAM Tirta Mulia Luncurkan Inovasi Pembayaran Tagihan Pelanggan Melalui QRIS dan Aplikasi SITIRTA Mobile

Sebarkan artikel ini
module: j; hw-remosaic: 0; touch: (-1.0, -1.0); modeInfo: ; sceneMode: Auto; cct_value: 0; AI_Scene: (-1, -1); aec_lux: 280.28973; hist255: 0.0; hist252~255: 0.0; hist0~15: 0.0;
Example 468x60

Harianpemalang.id, Pemalang – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mulia Kabupaten Pemalang kembali membuat gebrakan dalam upayanya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Pada Kamis, 15 Agustus 2024, PDAM Tirta Mulia secara resmi meluncurkan inovasi terbaru dalam pembayaran tagihan pelanggan melalui sistem Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan Aplikasi SITIRTA Mobile. Peluncuran ini diselenggarakan di halaman depan Kantor Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, dengan dihadiri oleh Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat,S.T.,M.Ling., Ketua dan Anggota, Komisi C DPRD Kabupaten Pemalang, OPD Terkait, Dewan Pengawas, Para Direktur dan Karyawan PDAM Tirta Mulia serta Perwakilan Pejabat PDAM se Korwil Pekalongan dan berbagai pihak terkait.

Direktur PDAM Tirta Mulia, H. Slamet Efendi, S.E., M.M., dalam sambutannya juga menjelaskan bahwa sebelumnya pembayaran tagihan pelanggan telah dapat dilakukan melalui beberapa kanal pembayaran online seperti BCA, BRI, Bank Jateng, serta gerai-gerai retail seperti Indomart, Alfamart, dan platform digital lainnya. Namun, dengan hadirnya Aplikasi SITIRTA Mobile, pelanggan kini memiliki opsi yang lebih praktis dan langsung dalam membayar tagihan mereka.

“Kami telah lama mengedukasi pelanggan tentang pembayaran online sejak masa pandemi Covid-19. Namun, banyak dari mereka yang tetap datang langsung ke kantor PDAM. Dengan Aplikasi SITIRTA Mobile, kami harap ini dapat mengurangi kunjungan fisik ke kantor, karena semua bisa dilakukan dari ponsel,” ungkap Slamet Efendi.
Lebih lanjut dikatakan SE, Aplikasi SITIRTA Mobile juga telah dilengkapi dengan fitur pembayaran melalui QRIS, yang mempermudah proses transaksi bagi pelanggan. Kartu pelanggan juga telah dibagikan kepada seluruh rekanan perbankan di Kabupaten Pemalang, yang memungkinkan transaksi pembayaran masuk langsung ke sistem perbankan yang terintegrasi dengan PDAM Tirta Mulia.

Advertisement
Example 300x600
Scroll kebawah untuk lihat konten
Acara peluncuran ini mendapat apresiasi tinggi dari Bupati Kabupaten Pemalang, H. Mansur Hidayat, S.T., M.Ling, yang turut hadir dan memberikan sambutan. Dalam pidatonya, Bupati Mansur menegaskan pentingnya inovasi dalam pelayanan publik yang transparan dan efisien. “Pembayaran online ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kecurangan, karena dana langsung masuk ke rekening PDAM Tirta Mulia tanpa perantara,” ujar Mansur. Ia juga menekankan bahwa Aplikasi SITIRTA Mobile dapat meminimalisir interaksi langsung antara pelanggan dan petugas, sehingga menekan potensi kesalahan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Selain itu, Bupati juga menyebut bahwa dengan adanya Aplikasi SITIRTA Mobile, laporan terkait kebocoran pipa dapat ditangani lebih cepat, karena informasi dapat langsung diterima oleh pihak PDAM, yang kemudian segera mengambil tindakan. “Apabila ada laporan kebocoran pipa, kami dapat segera melakukan perbaikan di hari yang sama,” tambahnya.
Dalam penutupannya, Bupati Mansur mengajak semua pihak untuk turut serta mendukung dan menyebarluaskan informasi mengenai inovasi ini, agar seluruh masyarakat Kabupaten Pemalang dapat memanfaatkannya dengan baik. “Minimal kita sudah mengajari kepada masyarakat untuk mengurangi kecurangan-kecurangan. Saya mengapresiasi kinerja Tirta Mulia yang sudah mampu memberi PAD meskipun nantinya diambil lagi,” tutupnya.
Acara peluncuran Aplikasi SITIRTA Mobile ini ditandai dengan pemotongan rangkaian bunga melati dan selanjutnya Bupati Pemalang melalui uji coba dengan pembayaran Qris dan berhasil.
Peluncuran Aplikasi SITIRTA Mobile menandai langkah maju PDAM Tirta Mulia dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dan efisien kepada masyarakat Kabupaten Pemalang. Inovasi ini tidak hanya mempermudah pelanggan dalam melakukan pembayaran, tetapi juga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam manajemen keuangan PDAM. ( Joko Longkeyang ).



Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *